Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan - Ketawa atau tertawa merupakan sebuah ungkapan atau ekspresi rasa senang yang keluar secara reflek dan spontan. Banyak dari kita yang bergurau atau bercanda bersama teman sampai kita tertawa terbahak-bahak. Dan ternyata, tertawa memiliki beberapa manfaat yang mungkin belum banyak di ketahui orang. Maciej Buchowski, peneliti dari Vanderbilt University mengemukakan bahwa tertawa dalam waktu 10-15 menit dapat mengeluarkan 50 kalori. Juga Charlie Chaplin yang mengatakan bahwa tertawa merupakan obat yang baik untuk mengatasi rasa nyeri. Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat dari tertawa itu bagi kesehat? Berikut beberapa Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui. Cekidot.








Membuat Perasaan Lebih Baik

Pada saat seseorang tertawa, perasaannya akan terasa lebih baik. Jika Anda sedang stress atau sedang menghadapi suatu masalah, tiba-tiba ada teman Anda yang nyeletuk dan membuat lelucon lucu sampai buat Anda tertawa keras, maka hal itu telah membuat perasaan Anda lebih baik. Dan juga secara tidak langsung, Anda melupakan masalah yang telah atau sedang Anda hadapi.


Mencegah Timbulnya Stres

Manfaat lain dari tertawa ialah mencegah timbulnya stres. Hormon penyebab stres seperti epinephrine dan juga cortisol akan menurun disaat Anda tertawa. Karna hormon tersebut tidak akan menyerang pada orang yang selalu gembira dan tertawa. Oleh sebab itu, jika mungkin Anda sedang dilanda stres atau masalah seperti banyak pekerjaan di kantor dan lainnya. Anda bisa melihat dan mendengarkan beberapa guyonan seperti Stand Up Comedy atau lawakan-lawakan lainnya agar mood Anda kembali dan perasaan Anda menjadi lebih baik.


Membuat Awet Muda

Stres yang berlebih dan berkelanjutan tidak baik bagi seseorang. Orang yang sering stres cenderung lebih tua. Hal ini terjadi karena stres tersebut akan mengeluarkan hormon yang disebut kortisol. Dan jika hormon serta kortisol ini terlalu banyak, maka akan menyebabkan beberapa penyakit seperti darah tinggi, gula darah tinggi, dan menurunnya sistem imunitas atau kekebalah dalam tubuh. Oleh sebab itu, kita harus tertawa agar lebih awet muda.


Memiliki Umur Panjang

Sejatinya, umur memang ditangan Tuhan dan kita tidak pernah tau berapakah umur kita didunia ini. Akan tetapi semua itu juga yang memagang kita. Sejumlah fakta menemukan bahwa orang yang lebih sering tertawa memilki tubuh yang lebih sehat dibandingkan dengan orang yang selalu cemberut. Hal ini karena tertawa dapat membuat hati senang dan juga membuat sehat jiwa serta raga.




0 Response to "Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Jika Anda menyukai artikel ini, tolong minta komentarnya yaa.. :)