Menegangkan! Bermalam di Pantai Wediombo Jogjakarta

Menegangkan! Bermalam di Pantai Wediombo Jogjakarta - Jogjakarta, nama yang sudah tidak asing ditelinga kita untuk didengar. Yaps, daerah yang terkenal dengan gudegnya ini teletak di Provinsi DIY dan berdekatan dengan Provinsi Jawa Tengah. Banyak hal-hal baru serta unik yang dapat kita temukan didaerah yang satu ini. Mulai dari wisata, kuliner, sekolah, kuliah, kerja, berwirausaha dan lain sebagainya. Banyaknya keunikan-keunikan yang berbeda ini membuat Jogjakarta menjadi salah satu wilayah destinasi di Indonesia yang paling ramai. Sehingga tak heran, banyak orang-orang luar kota yang mereka menjadikan Jogjakarta menjadi salah satu list destinasi mereka.

Hebatnya lagi, Jogjakarta juga mendapat predikat sebagai kota pelajar. Bagaimana tidak, terdapat dua puluh bahkan tiga puluh kampus atau universitas lebih yang terletak diwilayah jogja ini yang terdiri dari kampus negri hingga swasta. Kampus-kampus besar seperti UGM dan UNY menjadi salah satu primadona besar di kawasan jogja. Dengan statusnya yang mereka pegang yaitu PTN atau Perguruan Tinggi Negri menjadikannya salah satu Perguruan Tinggi paling dicari dan diminati di kawasan jogja ini. Dan kabar terbaru, UIN Sunan Kalijaga serta UPN jogja telah menjadi PTN atau perguruan tinggi Negri. Sehingga tak heran jika banyak siswa-siswi lulusan SMA hingga SMK yang mereka menginginkan untuk melanjutkan studi mereka ketempat ini. Karna banyaknya kampus negri yang berada diwilayah jogja ini tadi.

Tak hanya dari sektor pendidikannya saja, Jogjakarta juga terkenal dengan wisata dan juga kulinernya. Banyak destinasi-destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi mulai dari pantai, pemandangan pegunungan, hutan pinus, tubbing, rafting hingga salah satu destinasi unik yang mungkin cuman temen-temen bisa temuin disini, yapss Malioboro. Tak hanya itu, Jogjakarta juga memiliki segudang kuliner yang super beda serta unik dari daerah lainnya. Seperti Mie Ayam Afui yaitu mie ayam dengan porsi monster lalu ada Bakso Klenger yang bahkan terdapat ukuran bakso hingga 5 kg yang akan membuat Anda kelenger dan juga yang pastinya makanan yang menjadi salah satu ikoner untuk wilayah jogja ini, yapss gudek. Dengan harga yang cukup relatif murah, menjadikan banyak wisata-wisatawan berbondong-bondong untuk berkunjung ke jogja ini dan mencicipi berbagai kuliner yang ada di kawasan jogja ini.

Bulan lalu, saya dan beberapa teman saya berkunjung kesalah satu pantai yang terletak di jogjakarta ini, yapss pantai wediombo. Berawal dari waktu yang cukup senggang, saya dan teman-teman saya berunding dan berkumpul terkait planing kita untuk berwisata tadi. Sebelum pantai wediombo, banyak usulan-usulan yang teman saya utarakan sepeti pantai indrayanti, pantai parangteritis, dan lainnya. Lantas, ada teman saya yang usul bagaimana kalau kita ke pantai wediombo saja. Selain pasir pantai yang putih, disana juga ada tempat baru yang sedang hits yang konon seperti kolam. Karna kami juga penasaran dengan tempat baru tersebut, akhirnya kami memutuskan untuk pergi dan perkunjung ke pantai wediombo. Walau diawal sempat terjadi perselisihan tentang destinasi kami, karena dibandingkan pantai-pantai yang ada di jogja seperti indrayanti dan parangteritis, pantai wediombo terbilang lebih jauh, karna alasan itulah kami berselisih. Tapi karna rasa penasaran kami akan tempat baru yang sedang hits tersbut, sepakatlah kami untuk berwisata ke pantai wediombo.

Dalam bahasa indonesia, pantai wediombo berati pantai dengan pasir yang luas. Wediombo merupakan bahasa jawa yang jika ditranslatekan kedalam bahasa indonesia akan berarti Wedi itu pasir dan Ombo itu luas. Sesuai namanya, pasir yang identik dengan pasir putih yang dibalut dengan karang-karang ini memiliki wilayah pasir putih yang cukup luas, walau tak seluas pantai parangteritis atau pantai glagah di kulon progo. Pantai Wediombo ini terletak di kelurahan  Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda dari pusat kota jogja, membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam untuk sampai ketempat hamparan pantai pasir putih ini.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Ini merupakan salah satu hal yang terpenting jika kita berwisata disuatu tempat, yapss tiket masuk. Untuk bisa menikmati pantai dengan hamparan pantai putih ini, Anda harus mengocek  saku Anda dengan biaya Rp. 5000,-* per orang dan ini di luar parkir. Untuk biaya parkir, per motor dikenakan biaya sekitar Rp. 2000 - Rp. 3000,-*. Sementara, untuk fasitilas yang ada di pantai wediombo ini cukup memadai. Dari WC umum dan toilet, serta toko-toko jajanan dan foodcourt juga tersedia disini. Jadi Anda tidak usah khawatir jika Anda lupa atau tidak membawa bekal, karena banyak warung-warung yang buka disini.
(*NB: Harga dapat berbah sewaktu-waktu)

Sunset dan Pemandangan yang Indah

Setelah kami memasuki kawasan ini, kami lansung terpesona akan indahnya pemandangan yang ada disini. Tak hanya itu saja, kami juga disuguhkan dengan pemandangan sunset yang luar biasa. Kebetulan pada saat itu, kami tiba di pantai wediombo sore setelah asar. Tak lama kemudian, sunset jingga yang dibalut indah dengan warna orange, biru, abu-abu, dan juga hitam terpampang cantik didepan kami yang seolah menghipnotis penglihatan kami. Ditambah dengan hamparan pantai serta dercik gemuruh ombak di senja sore membuat kami betah berlama-lama di pantai wediombo ini. Sungguh luar biasa ciptaan-MU.

Bagian Menegangkan!

Mungkin sedikit agak konyol jika kita membicarakan tentang hal yang satu ini. Bagaimana mungkin hamparan pasir putih yang indah, pantai yang luas, serta sunset orange yang begitu memukau di mata ini dikatakan menegangkan. Sebagian mungkin akan mengatakan seperti itu. Tapi hal menegangkan ini memang terjadi pada kami, yang jikalau kami harus jujur kami ingin meninggalkan pantai itu segera dan saat itu juga. Jadi, ketika keindahan sunset sudah mulai meredup dan sang mentari pun mulai menyembunyikan sinarnya, malam yang gelap pun mulai menemani kami. Dercikan suara ombak yang menghantam karang-karang pinggir pantai menjadi teman tidur kami diwaktu itu. Karna kebetulan kami bermalam atau ngecamp di pinggir pantai, sehingga terdengar jelas suara ombak tersebut. Ketika semakin larut malam, ternyata air menjadi pasang, lalu suara ombak-ombak yang menghantam karang menjadi lebih keras sehingga waktu itu sampai membisingkan telinga kami.

Tak hanya sampai situ, semakin semalam ombak-ombak itu semakin ganas, suara-suaranya pun semakin besar. Dan itu mengganggu waktu tidur kami karna kami khawatir akan terjadinya tsunami. Mungkin ini terlihat konyol, akan tetapi itulah yang terjadi. Ada beberapa teman saya yang tidak bisa tidur karena hal itu, dan itu juga termasuk saya. Bahkan saya dan teman saya tidak bisa tidur semalaman karna suara gemuruh ombak pantai yang semakin besar. Bahkan kami mengira pada malam itu akan terjadi tsunami. Yaa walau sedikit agak lebay, tapi itulah yang terjadi.

Tempat Baru yang Sedang Hitss

Setelah malam yang mengerikan menemani kami, akhirnya munculah sang mentari fajar dengan sinarnya yang menerangi. Ternyata, pemikiran kami tentang akan terjadinya tsunami malam itu hanyalah pemikiran kami yang keluar dari rasa khawati dan takut kami saja. Ternyata ehh ternyata, setiap malam air laut di pantai wediombo memang pasang. Dan karena pasang itulah yang membuat suara dercikan ombak menjadi seolah seperti ganas. Dan karena hal itu juga, jika Anda berniat untuk ngecamp di pantai wediombo, jangan membuat camp di sebelah pantai langsung. Akan tetapi berilah jarak atau space yang cukup jauh dari pusat pantai. Sehingga ketika air sedang pasang, kita masih tetep jauh dari jangkauan air tersebut.

Dan ini yang ditunggu-tunggu, yaitu bagian tempat baru yang sedang hits yang menyerupai kolam. Saat pagi harinya, kami menanyakan tempat tersebut kepada warga setempat. Mereka bilang tempatnya ada didekat karang yang karang tersebut berdekatan langsung dengan laut lepas. Kami pun semakin exited untuk mengunjungi tempat itu. Namun ada hal yang perlu Anda ketahui. Ketika menjelang sore, air laut akan pasang. Seperti yang dikatakan, tempat baru tersebut terletak didekat karang yang karang tersebut berdekatan lansung dengan laut lepas. Jadi, jika Anda ingin mengunjungi tempat ini disarankan di pagi hari diaman air laut sedang surut. Dan setelah kami bertanya kepada warga lokal, kami langsung menuju tempat batu ini. Dan ternyata, kami kembali dibuat takjub karna indah serta kerennya tempat ini. Serasa lagi syuting My Tr*p My Advant*re... Hehe :D

Nahh, itu sedikit cerita dari saya tentang kunjungan kami ke Pantai Wediombo Jogjakarta. Bagaimana, cukup menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai wediombo ini, mungkin Anda bisa mengajak beberapa teman Anda atau beberapa sanak family Anda sehingga liburan Anda bisa lebih menyenagkan. Selamat berkunjung...

0 Response to "Menegangkan! Bermalam di Pantai Wediombo Jogjakarta"