Jangan Lewatkan Sarapan, Ini Alasannya

Jangan Lewatkan Sarapan, Ini Alasannya - Sarapan baik untuk tubuh kita, karena sarapan dapat meningkatkan energi untuk beraktivitas di luar sana. Berikut ini beberapa manfaat serta alasan kenapa untuk tidak melewatkan sarapan.















Mengontrol Berat Badan

Dalam berbagai penelitian yang dilakukan di beberapa universitas dan peneliti yang sudah banyak jumlahnya membuktikan bahwa sarapan pagi dapat membantu dalam hal diet. Kok bisa? Hal ini dikarenakan dengan mengisi perut di pagi hari maka ia dapat menekan nafsu makan di siang hari. Selain itu kamu jadi tidak makan berlebihan di siang hari yang dapat merugikan dalam pola diet dan berat badan. Sarapan juga membantu kamu untuk memilih makanan yang lebih bergizi. Karena orang yang tidak sarapan cenderung mengonsumsi berbagai makanan secara "membabi buta" tanpa memikirkan nutrisinya.

Nutrisi Yang Baik di Awal Hari

Sarapan menyediakan banyak asupan nutrisi yang baik untuk sepanjang hari. Karena sarapan dapat memberi nutrisi seperti protein, zat besi, vitamin dan serat. Kandungan ini sangat penting untuk membangun tubuh yang sehat dengan kebutuhan nutrisi yang selalu terpenuhi. Karena setiap orang harus memulai hari dengan cukup energi sebagai modal untuk melakukan aktivitas. Dengan melakukan sarapan, tubuh pun menjadi lebih berenergi. Oleh karena itu sarapan harus dengan menu sarapan sehat seperti telur, ikan, daging, nasi, roti, sereal atau oatmeal dan buah-buahan.


Meningkatkan Konsentrasi Otak

Kegiatan sarapan memperbaiki kadar gula yang turun semalaman karena tidur. Otak memerlukan asupan energi yang cukup untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agar kegiatan berjalan baik. Banyak penelitian yang telah dilakukan dan menunjukan hasil positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir. Dengan asupan nutrisi dari sarapan otak dapat berpikir lebih baik dan cepat.

Kamu juga dapat merasakan manfaat peningkatan kognitif otak dari peningkatan konsentrasi yang lebih tinggi bahkan meningkatkan kewaspadaan. Karena otak membutuhkan glukosa dari makanan  berkarbohidrat sehingga otak dapat bekerja dengan baik. Meremehkan serta menganggap sarapan tidak penting berarti akan membuat kinerja otak akan berkurang. Karena tidak ada asupan energi yang diperoleh otak.


Menjaga Metabolisme Tubuh


Saat tidur tubuh tidak mengonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari kadar gula dalam tubuh menurun. Karbohidrat yang dikonsumsi pada saat sarapan merupakan sumber energi untuk beraktivitas. Namun jika sarapan ini terlewatkan, maka tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Karena hal tersebut, metabolisme dalam tubuh tidak seimbang sehingga dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag.

Selain mengisi tenaga untuk menghadapi aktivitas pagi hari, sarapan juga sebagai pengganti waktu malam yang tidak terisi makanan serta sarapan juga menambah kebutuhan gula dalam tubuh. Setelah tubuh tidak mengonsumsi makanan pada saat tidur, zat gula yang ada dalam tubuh akan turun drastis ke tingkat terendah. Saat itu terjadi, tubuh akan menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen.

Mengeratkan Hubungan dengan Keluarga

Kebiasaan makan bersama sebelum beraktivitas dapat membuat hubungan antara anggota keluarga semakin erat. Hubungan yang kurang baik bisa saja berkurang dan hubungan yang erat akan semakin akrab. Sebab dengan sering berkumpul, duduk bersama dan menyantap makanan bersama akan semakin mengenal satu sama lain. Sehingga hubungan antar anggota kelurga semakin erat dan semakin hangat.

Sarapan rupanya memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak kamu ketahui. Dengan sarapan setiap pagi kamu bisa mendapat tubuh yang sehat dan berenergi serta hubungan yang membaik antar anggota keluarga.


0 Response to "Jangan Lewatkan Sarapan, Ini Alasannya"

Post a Comment

Jika Anda menyukai artikel ini, tolong minta komentarnya yaa.. :)