Rahasia Di Balik Doraemon

Rahasia Di Balik Doraemon - Ketika kita mendengar kucing pintar atau kucing dari masa depan, mungkin angan-angan kita akan langsung tertuju pada sosok yang satu ini, yapss Doraemon. Siapa sih yang gak kenal Doraemon? Tokoh titular robot kucing yang lucu dan menggemaskan ini memang sudah menemani kita sejak kecil bahkan hingga saat kita dewasa ini. Warnanya yang biru, tingkahnya yang lucu, suaranya yang khas dengan nada sedikit serak-serak ini telah menjadi sosok Lintas Generasi yang telah mendampingi beberapa generasi terlebih dari generasi 90an hingga saat ini.





Tak hanya itu, ayah, ibu, om, tante dan orang-orang tua disekitar kita pastinya juga tau akan anime asal jepang ini. Karena alur cerita yang kompleks dan mudah diserah, anime besutan duo Fujiko Fujio ini dapat dilahab dari berbagai macam kalangan. Dan juga dibeberapa plot cerita, sang creator menyisipkan beberapa cerita atau kata-kata motivasi yang itu menjadi nilai lebih dari anime yang satu ini. Selain itu, ada cerita dikala sahdu dan sedih yang siap menguras emosi para penonton dan juga tak lupa dengan guyonan serta beberapa scane lucu yang menjadikan anime ini salah satu anime favorit.



Ternyata, dibalik sosok doraemon yang sekarang ini ada beberapa rahasia yang mungkin teman-teman semua belum mengetahuinya. Pada awalnya pun saya juga belum mengetahuinya, lalu saya mencari dibeberapa sumber dan ternyata Doraemon memiliki beberapa keunikan dan rahasia dibalik penampilannya seperti yang sekarang ini. Berikut beberapa Rahasia Di Balik Doraemon yang perlu Anda ketehui:



1. Arti Nama "Doraemon."

Setelah menonton banyak episode dari anime Doraemon ini mungkin kita tidak pernah memikirkan arti nama Doraemon ini. Mungkin yang kita ketahui namanya mirip seperti nama makanan favorit Doraemon yaitu Dorayaki. Nama Doraemon diciptakan dari 2 patah kata yaitu Dora dan Emon. Dora adalah plesetan kata yang diambil dari kata "Nora" yang berasal dari "Nora-Neko" yang berarti Stray Cat (Kucing Liar). Sementara Emon adalah semacam kata tambahan tradisional yang digunakan untuk nama dari manusia atau binatang sejenisnya yang berkelamin laki-laki, misalnya Ishikawa Goemon. 


Secara kata, nama Doraemon bisa diartikan "Stray Male Cat" atau kucing liar jantan. Walau demikian, kata Dora pada Doraemon juga bisa diartikan "dora" yang berarti "gong," dan nama inilah yang digunakan sebagai kue favorit doraemon yaitu Dorayaki. Meskipun kata "Dora" yang digunakan pada nama Doraemon itu bermaksud "Stray Cat" tadi, kata "dora" yang berarti "gong" ini juga bisa digunakan plesetan pada nama Doraemon karna tubuh Doraemon yang bundar seperti gong.



2. Biodata Doraemon

Biodata? Lu kira anak SMP yang sering tuker-tukeran isi binder trus ngisi biodata yang isinya tulisan alay sama makanan & minuman favorit? Haha jadi keingetan masa dulu, anak 90an mana suaranya? hehe. Yaps, ternyata Doraemon sendiri memiliki biodata loh teman-teman semua. Doraemon memiliki berat 129,3 kg dan tinggi mencapai 129,3 cm.  Disaat ketakutan dia bisa berlari sampai kecepatan 129,3 km/jam, dan ketika dia dalam bahaya ia dapat meloncat hingga 129,3 cm atau 424,2 kaki. Tak hanya itu, kekuatan maksimumnya mencapai 129,3 bhp, lingkaran pergelangan tangannya berdiameter 129,3 mm, dan lingkaran badan serta kepalanya berdiameter 129,3 cm.


Doraemon di produksi pada 3 September 2112 di Pabrik Matsushiba. Ia juga memiliki kode produksi lho yaitu MS-903. Lalu nomer keberuntungan Doraemon adalah 1293 (saya sendiri kurang faham benar akan arti dari angka ini, mungkin teman-teman ada yang sudah tau?). Sehingga tidak dipungkiri bahwa hampir dari keseluruhan biodata Doraemon memiliki angka atau ukuran 1293 ini. Sebenarnya nama asli Doraemon adalah "Robot," nama ini merupakan nama yang digunakan pemilik pabrik asal Doraemon dibuat untuk memanggil Doraemon. Nama ini juga pernah disebutkan ulang pada hari ulang tahun Doraemon ditahun 2007.



3. Warna Asli Doraemon 

Taukah kamu bahwa warna asli Doraemon adalah kuning? Ahh masa sih? Ternaya memang benar teman-teman, warna asli Doraemon adalah kuning. Hal ini bermula pada saat Doaremon tidur siang disebuah tempat. Disaat lagi asiknya tidur siang, ada seekor tikus nakal yang dia menggigit telinga Doraemon hingga robek. Setelah dia tahu telinganya digigit tikus, dia pun kaget dan depresi berat. Lalu dia menyelinap pergi keatas menara dan dia meminum ramuan yang berlabel "kesedihan." Dan disaat dia menangis, warna kuningnya pun luntur dan suaranya pun mulai berubah menjadi serak-serak seperti yang kita ketahui karena ramuan tersebut. Dan karena hal itu juga, Doaremon menjadi pribadi yang takut akan tikus.


4. Doraemon dan Dorami Saudara?

Mungkin dibalik rahasia Doraemon dan beberapa fakta unik tentang Doraemon, pernyataan tentang Dorami adalah adik dari Doraemon merupakan salah satu yang menarik. Apakah benar Doraemon dan Doremi saudara atau kakak beradik? Ternyata, mereka berdua terlahir dalam satu tangki yang sama yang mana Doraemon lahir terlebih dahulu dengan jarak 2 tahun. Dan Dorami juga disewa oleh keluarga Sewashi yang merupakan keluarga yang menyewa Doraemon di zaman Doraemon diciptakan atau pada abad 22, karena hal itulah mereka disebut adik kakak.





Jadi, cerita awal dari Doraemon adalah ketika Doraemon telah lahir dan tercipta di abad 22, keluarga Sewashi menyewa Doraemon untuk mereka. Keluarga Sewashi merupakan keturunan dari Nobita atau masih cicit-cicitnya Nobita. Lalu Sewashi memerintahkan Doraemon untuk menjaga leluhur atau kakek mereka siapa lagi kalau bukan si Nobita yang ceroboh ini. Setelah Doraemon pergi untuk menjaga Nobita, keluarga Sewashi kembali menyewa robot untuk menggantikan Doraemon yaitu Doremi. Dan karena hal ini juga mereka disebut saudara. Adapun tugas Doremi menggantikan Doraemon  ketika Doraemon sedang memiliki kepentingan seperti tune up di pabrik dan lain-lain.



5. Kenapa Dorami Lebih Hebat Daripada Doraemon?

Dari beberapa episode yang kita lihat, disana terlihat jelas bahwa seolah Doremi lah yang lebih hebat ketimbang Doraemon. Tak hanya itu, Doremi juga terliha lebih cerdas dan canggih. Ternyata, menurut data yang ada Dorami memang lebih hebat daripada Doraemon. Dorami dapat menghasilkan energi sebesar 10.000 tenaga kuda, dan bandingkan dengan Doraemon yang hanya bisa menghasilkan energi sebesar 129,3 tenaga kuga. Sudah jelas dong mana yang lebih hebat?!


Yaa itulah beberapa Rahasia Di Balik Doraemon yang mungkin belum Anda ketahui. Ternyata dibalik sosok Doraemon yang lucu dan menggemaskan ini memiliki beberapa rahasia yang jauh berbeda seperti apa yang kita lihat saat ini. Keren Abis!





0 Response to "Rahasia Di Balik Doraemon"

Post a Comment

Jika Anda menyukai artikel ini, tolong minta komentarnya yaa.. :)