6 Spot Gunung Keren Untuk Lihat Sunrise

6 Spot Gunung Keren Untuk Lihat Sunrise - Mendaki gunung mungkin sudah bukan menjadi sesuatu baru lagi untuk saat ini. Di kala kita kecil, mungkin mendaki gunung menjadi sesuatu yang tabu. Dengan tinggi serta besarnya gunung yang kita lihat, seolah imposible sekali bagi kita untuk mendakinya. Berjalannya waktu ke waktu, pemikiran kita yang seperti dulu berubah dan menjadi sebuah pemikiran yang baru, kapan kita bisa ke gunung itu, kapan kita bisa menaklukan gunung itu, dan lain sebagainya.

Walau mendaki gunung tergolong olahraga yang berat, akan tetapi hampir semua orang yang mereka telah mencoba mendaki mengaku terpukau akan keindahan serta takjub akan pemandangan yang diperoleh saat sampai di puncak. Dengan suasana yang baru dan sensasi yang berbeda, menjadikan seseorang ingin mendaki satu demi satu gunung yang ada. Tak hanya itu, pemandangan Golden Sunrise  yang menjadi tujuan utama seorang pendaki ini, menjadikan keindahan yang lebih yang seolah tak bisa di temukan ditempat lain. Oleh sebab itu, Hiking atau mendaki gunung untuk saat ini bukan menjadi sesuatu yang terlihat extrim atau super, akan tetapi menjadi hitz terbaru terlebih dikalangan anak muda. Berikut 7 Spot Gunung Keren Untuk Lihat sunrise yang bisa Anda coba:



1. Gunung Prahu


Gunung prahu merupakan salah satu gunung yang terletak di kawasan dataran tinggi dieng. Gunung prahu atau yang lebih dikenal dengan nama gunung prau ini berbatasan langsung diantara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan kabupaten Kendal. Gunung Prau memang cukup terkenal, karena selain pemandangan yaang disajikan sangat indah, sunrise yang akan muncul pun begitu mempesona. Pancaran sinar sang mentari dikala terbit begitu indah layaknya emas yang bertebaran diamana-mana. Bahkan, gunung prau pernah dinobatkan sebagai Best Sunrice In Asia, sungguh luar biasa bukan?



Selain menampilkan pesona Golden Sunrise dan pemandangan yang luar biasa, di puncak gunung prau ini terdapat hamparan padang rumput yang luas dan indah. Beberapa orang menyebutnya taman teletubbies karena begitu luas dan indah layaknya taman teletubbies. Gunung Prau juga sangat cocok bagi seorang pemula, karena ketinggian dari gunung prau ini cukup sedang yaitu hanya sekitar 2565 meter diatas permukaan laut (MDPL). Jika perjalanan lancar, Anda dan teman-teman Anda dapat menempuh perjalanan hanya satu jam, cukup mudah bukan? Selain itu, area pendakian digunung prau ini relatif lebih mudah dan tidak extrim serta tidak terjal dibanding gunung-gunung yang lain.




2. Gunung Andong

Gunung Andong atau gunung punggung sapi merupakan gunung yang terletak di kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang ada di kawasan magelang dan juga berdampingan dengan Gunung Telomoyo. Adapun disebut gunung Andong atau gunung punggung sapi, karena gunung ini mirip seperti punggung sapi dan lantaran tersebut gunung ini diberi nama Gunung Andong. Gunung Andong memiliki ketinggian sekitar 1.726 diatas permukaan laut. Degan ketinggian yang cukup rendah, gunung Andong ini dapat di tempuh dengan perjalanan sekitar 1-2 jam saja.



Tak hanya menampilkan sunrise dan pemandangan yang indah, di gunung andong ini Anda dapat menjelajah beberapa puncak yang dimiliki gunung andong ini. Karena gunung andong ini memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Makan yang diatasnya terdapat sebuah makam, Puncak Alap-Alap, Puncak Jiwa yang biasa digunakan camping ground, dan Puncak Andong sebagai puncak tertingginya. Dan dengan akses yang cukup mudah, banyak anak-anak muda yang sering berkunjung dan mendaki di gunung andong ini.




3. Gunung Merbabu

Semarang, kota yang menjadi salah satu ikon Jawa Tengan ternyata dekat dengan beberapa gunung-gunung keren, Gunung Merbabu ini salah satunya. Gunung Merbabu merupakan gunung berdekatan dengan Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Magelang. Gunung Merbabu ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi, yaitu 3.145 meter diatas permukaan laut. Dengan ketinggian yang cukup tinggi, medan pendakian yang ada di gunung merbabu ini cukup bervariasi, mulai dari yang datar, terjal, agak naik, dan sangat menanjak.







Karena jalur pendakian yang ada digunung merbabu ini cukup ekstrim, para pendaki harus memperhatikan betul persiapan yang ada. Dari tenda, bekal yang cukup hingga jaket tebal. Disamping itu udara dingin, kabut tebal, serta hutan yang lebat juga harus diwaspadai, sehingga perjalanan pendakian pun bisa berjalan dengan lancar. Walau jalur pendakian yang terlihat ektrim, Anda dan teman-teman Anda akan terlupakan karna keindahan rona jingga dari sang mentari yang hiasi pagi buta Anda. Perjalanan yang melelahkan, akan terbayar sudah oleh keindahan ini.




4. Gunung Gede

Gunung yang terletak di kota hujan Bogor, Jawa Barat ini ternyata memiliki pemandangan sunrice yang luar biasa. Gunung Gede merupakan gunung yang memiliki tinggi 2.958 meter diatas permukaan laut. Karena gunung ini memiliki ketinggian yang cukup dan jaraknya yang relatif dekat, gunung gede pun menjadi salah satu gunung favorit bagi pendaki dari daerah Jakarta. Sehingga tak heran, jika hampir setiap pekan banyak pendaki yang datang untuk menikmati pemandangan dari Gunung Gede ini.



Dengan menempuh perjalanan sekitar 7-8 jam, Anda sudah dapat melihat keindahan sunrise dan pemandangan dari gunung gede ini. Selain itu, jika suasana cerah dan tidak berkabut Anda dapat melihat dan menyaksikan pemandangan Kota Bogor, Cianjur, Sukabumu, hingga Jakarta dari puncak gunung gede ini. Tak hanya itu, di  gunung gede ini jug ada tempat favorit yang bisa para pendaki kunjungi yaitu Lembah Kasih, karena bunga edelwais tumbuh subur disana.




5. Gunung Bromo

Mungkin gunung yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda semua. Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi gunung yang sangat terkenal didaerah Jawa Timur. Gunung Bromo terletak diantara 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 2.329 meter diatas permukaan laut. Selain views yang bagus dan eksotis, Gunung semeru pun bisa Anda lihat dari gunung bromo ini.



Pemandangan yang disuguhkan oleh gunung bromo ini sangat indah. Selain Golden Sunrise yang begitu memukau, deretan lembah-lembah dan juga deretan pasir yang mencapai 5300 hektar mengelilingi gunung bromo ini, sungguh hebat bukan?! Tak hanya itu, di gunung bromo ini Anda dapat mendaki puncaknya dengan kendaraan roda 2, jadi Anda tak usah capek-capek mendaki gunung ini yang memakan waktu hingga berjam-jam. 




6. Gunung Sindoro

Balik lagi nih ke Jawa Tengah, yapss Gunung Sindoro. Gunung yang satu ini terletak diantara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 3.163 meter diatas permukaan laut, cukup tinggi yaa. Karena gunung ini termasuk dalam deretan gunung tertinggi di Jawa Tengah, area pendakian yang ada di gunung sindoro ini pun cukup ekstim dari kelas menengah hingga keatas. Dari medan yang datar, terjal, hingga harus merangkak tersedia di gunung sindoro ini.



Jalur pendakian untuk gunung sindoro ini tersedia di dua tempat yang berbeda. Jalur pendakian pertama berada daerah kledung (Kabupaten Temanggung) dan yang kedua yaitu melewati jalur pendakian kebun teh, Tambi (Kabupaten Wonosobo). Saya akui, gunung ini cukup menguras stamina, karena perjalan yang ditempuh mencapai 7-8 jam, belum dengan track-track dan juga medan-medan yang terjal dan sulitditaklukan. Walau demikian, rasa lelah dan letih semua seolah terbayar dengan pemandangan Golden Sunrise yang terpampang indah di depan mata. Tak hanya itu, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo juga terlihat jelas dari puncak gunung sindoro. Bahkan gunung sumbing, hingga gunung selamet nampak jelas dari puncak gunung sindoro ini.




Yaps itulah beberapa Spot Gunung Keren Untuk Liat Sunrise yang bisa Anda coba di tahun 2017. Terlebih bulan-bulan ini curah hujan sudah mulai merendah, sehingga jika Anda mendaki akan lebih mudah, dan juga pemandangan yang terpampang dari atas gunung akan terlihat lebih jelas. Selamat mencoba!






0 Response to "6 Spot Gunung Keren Untuk Lihat Sunrise"

Post a Comment

Jika Anda menyukai artikel ini, tolong minta komentarnya yaa.. :)