Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan

Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan - Sudah bukan hal yang baru lagi ketika kita membahas tentang mie instan. Makanan yang terbuat dari tepung terigu ini di sukai banyak orang mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Mie instan memang terkenal di seluruh dunia terlebih di wilayah Asia. Dengan banyaknya model dan varian rasa membuat mie instan termasuk menjadi makanan favorit.





Sebenarnya sudah banyak orang yang mengetahui akan bahayanya keseringan mengonsumsi mie instan. Akan tetapi, dengan harga yang murah dan terjangkau, rasa yang enak dan bervarian, serta efek mengenyangkannya membuat alasan kenapa makanan ini tetap laris dan habis terjual dipasaran. Terlebih jika kita dalam kondisi kepepet dan tak ada makanan, mie instan menjadi alternatif untuk menjadi menu makanan uatama. Nah berikut beberapa Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan bagi kesehatan.



Mie Instan Termasuk Junk Food

Karena rasa yang cukup menggiurkan dan harga yang ramah didompet, kita tidak sadar bahwa mie instan termasuk junk food. Hal ini disebabkan karena didalam mie instan tidak ada kandungan seperti serat, vitamin, ataupun protein. Didalam mie instan hanya terkandung karbohidrat yang cukup tinggi dan lemak jenuh.





Beresiko Kanker

Didalam mie instan terdapat kandungan MSG yang terletak didalam bumbunya yang sangat tidak baik untuk kesehatan. Dan dalam mienya terdapat lapisan lilin yang menjadikan mie tidak lengket dan juga tidak menggumpal. Karna hal tersebut, menjadikan mie instan sulit tuk di proses oleh tubuh.


Resiko Kencing Manis

Seperti yang kita ketahui, karbohidrat yang ada dalam mie instan akan diubah menjadi glukosa atau gula dalam tubuh. Lalu gula tersebut akan di proses oleh insulin yang dihasilkan oleh pankreas yang akan diubah menjadi sumber tenaga dalam tubuh. Akan tetapi jika kadar glukosa terlalu banyak dan tinggi, maka kerja insulin dan pankreas akan menjadi semakin berat, dan ini akan memicu pankreas rusak. Dan jika pankreas sudah rusak, pankreas tidak dapat memproduksi insulin kembali dengan baik. Akibantnya tidak ada yang mengurus gukosa dalam tubuh, dan kadar glukosa pun meningkat dan semakin banyak. Hal ini akan menimbulakan penyakit diabetes atau kencing manis.


Potensi Kegemukan

Seperti yang kita sudah bahas sebelumnya, mie instan memiliki cukup banyak karbohidrat. Dan jika Anda terlalu sering makan mie instan dicampur dengan nasi yang sama kita ketahui keduanya memilki kandungan karbohidrat yang tinggi, maka kalori yang dihasilkan juga akan semakin bayak. Dan kalori tersebut akan di simpan dalam tubuh dengan bentuk lemak. Hal tersebut yang akan menjadikan tubuh gemuk dan menjadikan obesitas juga.


So, hindarilah menonsumsi mie instan terlalu sering. Karena efek negatif yang ditimbulkan banyak. Perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah, karna sudah jelas manfaat dan kandungan vitamin yang banyak serta anti-oksidannya yang dapat mengakal radikal bebas dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.



2 Responses to "Bahaya Keseringan Konsumsi Mie Instan"

  1. Mie instan setia menemani anak kos mas ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh iya kak..
      Haha
      Tapi harus tetap berhati2 dan jangan terlalu sering mengkomsumsinya..
      Kurang sehat.. :)

      Delete

Jika Anda menyukai artikel ini, tolong minta komentarnya yaa.. :)