Manfaat Air Bagi Kesehatan

Manfaat Air Bagi Kesehatan - Didunia ini, air memiliki banyak sekali fungsi. Didalam dunia pertanian air digunakan untuk menyirami tumbuhan, didalam dunia perikanan air digunakan wadah kehidupan bagi para ikan, dan masih banyak lagi fungsi serta kegunaan air dikehidupan ini termasuk dalam kesehatan manusia. Karna sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kadar air dalam tubuh kita mencapai 60% - 70% atau sekitar 2/3 dari tubuh. Sudah pasti air sangat dibutuhkan oleh tubuh, tak hanya itu ternyata air memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Apa saja sih Manfaat Air Bagi Kesehatan? Yukk simak ulasannya berikut..





Memperbaiki Sel Tubuh 

Dalam menjalani kerja pada sistemnya, beberapa sel atau jaringan tubuh dimungkinkan akan mengalami masalah atau kerusakan. Pada saat istirahat, tubuh akan melakukan proses perbaikan pada sel atau jaringan tubuh yang rusak tadi. Dan pada saat ini, tubuh membutuhkan air untuk membantu memperbaiki sel atau jaringan tubuh yang rusak.





Membantu Sistem Pencernaan

Pada saat menajalankan sistem pencernaan, tubuh membutuhkan banyak sekali air. Karena hal tersebut, kita dianjurkan untuk minum air putih 10 menit sebelum makan guna untuk menstimulasi lambung dalam menyambut makanan. Dan setelah makan, kita juga meminum air dengan tujuan atau fungsinya adalah untuk membantu pencernaan dalam mencerna makanan. Serta yang tak kalah penting ialah disaat kita tersedak atau makanan tersangkut di leher kita juga dianjurkan unttuk meminum air karna agar membantu jalannya makanan tersebut masuk kedalam perut. Jadi, air sangat penting untuk pencernaan karna air membantu dalam proses pencernaan makanan.


Membantu Sistem Pengeluaran

Disaat Anda mengalami susah buang air besar atau sembelit, besar kemungkinan Anda kekurangan air. Hal ini terjadi karena sistem pengeluaraan juga membutuhkan air dalam proses pengeluaran. Dan ketika Anda berkeringat, usahakan agar Anda meminum air yang banyak. Disamping agar tubuh lebih segar, hal ini juga berfungsi agar cairan-cairan dalam tubuh yang keluar cepat tergantikan oleh air yang Anda minum tadi. Karena disaat berkeringat, tubuh tidak hanya mengeluarkan lemak akan tetapi juga garam serta air. Faktor Anda sulit untuk berkeringat bisa jadi karena Anda kekurangan air. 


Menjaga Kondisi Tubuh

Sistem atau jaringan tubuh tidak akan bekerja baik dalam tubuh jika kekurangan air. Hal ini akan mengganggu sistem atau jaringan tubuh dalam bekerja. Contoh kecil yang bisa kita rasakan, disaat kita kurang air kita bisa kehilangan fokus atau konsentrasi. Ini disebabkan karena sebagian tubuh kita terdiri dari air. Sudah pasti tubuh akan sangat membutuhkan banyak air untuk selalu menjaga kodisi tubuh kita agar selalu tetap fit dan optimal. Oleh sebab itu, banyak pakar-pakar kesehatan yang menganjurkan untuk meminum 8 gelas sehari. Hal tersebut berguna untuk menjaga stamina tubuh kita.


Itulah beberapa Manfaat Air Bagi Kesehatan yang dapat ketahui. Dengan meminum banyak air, akan menjadikan tubuh kita selalu bugar serta fit. Maka perbanyaklah minum air putih guna menjaga badan kita tetap sehat. Jangan lupa 8 gelas perhari yaa..





0 Response to "Manfaat Air Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Jika Anda menyukai artikel ini, tolong minta komentarnya yaa.. :)