Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Cara Mengatasi Gusi Berdarah - Gusi berdarah merupakan salah satu penyakit atau masalah kesehatan yang berkaitan dengan kesehatan gigi serta mulut. Masalah gusi berdarah juga menjadi salah satu penyakit umum yang kerap terjadi di bagian organ mulut selain penyakit atau masalah kesehatan lainnya seperti gigi berlubang, karang gigi dan lainnya. Disaat kita menyikat gigi, biasanya gigi akan berdarah. Hal ini bisa terjadi karena kita terlalu kasar menyikatnya atau karna gigi dan gusi kita bermasalah. Seperti yang dikutip dari indiatimes.com yaitu ketika hal ini terjadi, kita bisa mengobatinya dengan beberapa bahan alami yang dapat mudah kita temukan disekitar kita. Berikut beberapa Cara Mengatasi Gusi Berdarah yang bisa coba Anda lakukan.





Bersihkan Gigi

Banyaknya kuman yang ada didalam gigi menjadi salah satu pemicu penyebab gigi berdarah. Karena kuman tersebut mengendap didalam gigi serta mulut sehingga mengganggu kesehatan gigi dan gusi. Sisa-sisa makanan dari yang kita konsumsi dan kurangnya membersihkan gigi menjadi salah satu penyebab umum berkembang biaknya kuman. Oleh karena itu, banyak pakar kesehatan yang menganjurkan untuk sering membersihkan gigi atau menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Hal ini karena menurut penelitian kuman akan berkembang biak dalam beberapa jam saja. Dan jika kita jarang membersihkan gigi, maka kuman akan lebih mudah berkembang biak dan lebih mudah untuk menyerang serta mengganggu kesehatan gigi dan gusi. Maka dari itu, rajinlah membersihkan gigi dengan mengosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu pertama setelah sarapan dan kedua sebelum tidur dan juga lakukan flossing.




Gosokan Minyak Cengkeh
Disaat kita sedang sakit atau mengalami beberapa gangguan kesehatan. Terkadang orang tua kita memberikan beberapa obat herbal alami untuk meredakan sakit yang kita alami. Itulah mungkin yang menjadi alasan kenapa orang-orang dulu jauh lebih sehat dibanding orang-orang zaman sekarang karena mereka lebih sering menggunakan bahan yang alami ketimbang orang-orang zaman sekarang. Begitu juga disaat gusi Anda berdarah. Cobalah ambil minyak cengkeh dan gosokan pada gusi Anda. Karena minyak cengkeh dapat membantu untuk mengurangi peradangan serta menghentikan pendarahan yang terjadi pada gusi. Sehingga dengan demikian darah yang keluar dapat terhenti. Dan dengan minyak cengkeh ini akan lebih aman, karena berbahan alami.


Oleskan Lidah Buaya

Satu lagi bahan alami yang kaya akan khasiat serta manfaatnya. Yaps, apalagi kalau bukan lidah buaya ini. Banyak sekali khasiat serta manfaat yang dapat kita peroleh dari tumbuhan ini. Penutrisi rambut dan penebal rambut mungkin menjadi salah satu yang terkenal dari khasiat tumbuhan ini. Karna kayanya nutrisi yang sangat dibutuhkan rambut, serta bahan alaminya membuat rambut kita menjadi lebih sehat dan lebat ketika kita sering menggunakannya pada rambut kita. Dan ternyata, lidah buaya ini juga dapat mengurangi peradangan gusi penyebab gusi berdarah. Dengan banyaknya sifat obat yang terkandung didalam lidah buaya ini menjadikannya obat alami yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi tadi. Sehingga, pendaran pada gusi dapat berkurang. Cukup dengan ambil lidah buaya secukupnya, lalu oleskan lidah buaya tersebut pada gusi setelah itu bilas hingga bersih.


Berkumur Air Garam

Garam terkenal dengan kandungan yodiumnya. Kandungan yodium pada garam berfungsi untuk mencegah penyakit gondok dan juga tururt andil pada proses pertumbuhan serta kecerdasan anak. Garam juga dikenal sebagai antiseptik alami. Didalam garam terdapat suatu zat yang menurut penelitian ampuh untuk membunuh beberapa bakteri. Dengan mencampur garam kedalam air hangat dan digunakan untuk berkumur merupakan salah satu perawatan yang mudah untuk mengobati masalah gusi berdarah. Oleh karena itu, rutinlah berkumur menggunkan air garam guna membantu proses pengobatan pada masalah gusi berdarah tersebut.


Konsumsi Buah Dan Sayur

Sudah bukan menjadi rahasia lagi manfaat buah dan sayur ini. Kandungan vitamin yang melimpah, kaya akan mineral menjadikan buah dan sayur suattu komponen penting bagi kita untuk kita konsumsi. Tubuh yang selalu kita gunakan untuk aktifitas sehari-hari, pasti selalu membutuhkan vitamin dan mineral guna memaksimalkan aktifitas sehari-hari yang kita kerjakan. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, buah dan sayur juga sangat baik untuk kesehatan gusi. Sebab kayanya vitamin serta mineral dalam buah dan sayur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada gusi. Suatu saat saya pernah bertanya pada seorang dokter terkait masalah gusi ini. Disaat saya menggosok gigi, sering sekali gusi saya mengeluarkan darah. Lantas dokter tersebut berkata, "Sampean kurang buah sama sayur mas, sering-sering mengkonsumsinya yaa.." Dari hal tersebut bisa disimpulkan bahwa, konsumsi buah dan sayur juga sangat dibutuhkan untuk membantu memelihara kesehatan gusi.


Yaa itulah beberapa Cara Mengatasi Gusi Berdarah yang bisa Anda coba lakukan. Akan tetapi, jika cara tersebut diatas tidak berhasil untuk menghentikan gusi berdarah Anda, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sehingga bisa lebih jelas mengenai hal tersebut.





0 Response to "Cara Mengatasi Gusi Berdarah"

Post a Comment

Jika Anda menyukai artikel ini, tolong minta komentarnya yaa.. :)