Tips Tuk Atasi Lemas Saat Berpuasa

Tips Tuk Atasi Lemas Saat Berpuasa - Bukan hal yang aneh jika kita mengalami rasa lapar, haus, lesu, lemas, letih, dan bahkan mengantuk pada saat berpusa. Hal ini terjadi karena kadar glukosa dalam darah menurun sehingga kita mengalami hal tersebut. Menurut pakar kesehatan, cadangan energi dari karbohidrat hanya bisa bertahan sepuluh jam saja di tubuh, setelah itu tubuh akan menggunakan sisa-sisa energi yang berasal dari lemak. Itulah mengapa kita harus memiliki trik pada saat puasa agar kita terhindar dari beberapa hal tersebut.


















Berikut beberapa Tips Tuk Atasi Lemas Saat Berpuasa yang bisa Anda lakukan.


Optimalkan Asupan Nutrisi

Pada saat sahur dan berbuka, kita harus bisa mengoptimalkan jumlah asupan nutrisi yang kita konsumsi. Saat sahur, asupan yang dikonsumsi sebaiknya terdiri dari 30 persen makan besar, 10 persen makanan ringan, dan minum 3 gelas air putih. Adapun komposisi nutrisi saat berbuka, sebaiknya terdiri dari 15 persen makanan manis, 30 persen makan besar, 15 persen makanan kecil, dan minum air putih sebanyak 5 gelas. Hal ini dikarenakan asupan nutrisi yang dikonsumsi pada saat berbuka harus lebih banyak untuk meningkatkan kembali kadar glukosa yang turun cukup drastis. 

Cukupi Kebutuhan Serat

Serat menjadi salah satu komponen penting yang harus dikonsumsi agar dapat lebih optimal dalam menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, mengonsumsi serat saat sahur akan membuat rasa kenyang lebih lama dan tidak mudah merasa lapar. Oleh sebab itu, dengan mengkomsumsi serat yang cukup akan membantu kita dalam beribadah puasa, karena rasa lemas yang biasanya ditimbulkan dari rasa lapar itu tertunda. 

Dan yang terakhir, jangan mengonsumsi minuman manis saat sahur guna menghindari resiko lemas dan hipoglisemia (kliyengan). 
Source: Dr.dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK selaku dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Itulah beberapa Tips Tuk Atasi Lemas Saat Berpuasa. Dengan tubuh yang segar dan bugar, pasti ibadah puasa kita akan lebih nyaman dan lebih bersemangat. Selamat mencoba yaa!


0 Response to "Tips Tuk Atasi Lemas Saat Berpuasa"

Post a Comment

Jika Anda menyukai artikel ini, tolong minta komentarnya yaa.. :)